Cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang Paling Efektif

by
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Tiap benda elektronik semacam contohnya ponsel tentu tidak lepas dari permasalahan, biasanya yang kerap terjalin merupakan jatuh ataupun kemasukan air. Ponsel yang terserang ataupun kemasukan air memanglah dapat membuat kita panik, karena air dapat berpotensi mengganggu komponen yang terdapat di dalam ponsel sehingga buatnya mati total serta tidak dapat digunakan kembali.

Bila ini terjalin pada kalian, jangan takut serta panik! Terdapat sebagian metode menanggulangi HP kemasukan air yang dapat kalian coba saat sebelum membawanya ke tempat servis. Di dasar ini, Qoala telah menghimpun bermacam berbagai metode serta panduan lengkap buat menanggulangi hp yang kemasukan air, baik yang baterai tanam ataupun bagian speaker saja.

Meski saat ini telah mulai banyak vendor yang memproduksi ponsel pintar dengan standar IP68 ataupun keahlian tahan air, tetapi senantiasa saja ponsel tidak dapat selamat bila air masuk ke komponen di dalamnya. Secara universal, air memanglah jadi musuh utama untuk owner benda elektronik semacam ponsel. Kalian dapat secara tidak terencana menumpahkan air ke atas ponsel ataupun menjatuhkan ponsel ke dalam genangan air dalam.

Bila tidak ditangani dengan metode yang benar, HP yang kemasukan air dapat hadapi kehancuran parah paling utama yang mempunyai baterai tanam. HP dapat hadapi resiko layar putih, terdapatnya kehancuran ataupun error, serta apalagi mati total. Nah, kalian dapat berupaya cara- cara di dasar ini buat menanggulangi ponsel yang terserang ataupun kemasukan air.

1. Langsung Angkat HP dari Dalam Air

Air dapat masuk ke dalam komponen ponsel lewat celah- celah kecil semacam lubang jack earphone ataupun charger. Bila ponselmu terjatuh ke dalam genangan air, pastinya perihal awal yang wajib kalian jalani merupakan langsung mengangkut ponsel dari dalam air sedini bisa jadi. Perihal ini buat menjauhi mungkin terus menjadi banyak air yang sukses merembes masuk ke dalam ponsel

Baca Juga :   Cara Mengetahui Pemilik Nomor Telepon yang Tidak Dikenal

2. Jangan Langsung Menyalakan HP

Metode menanggulangi HP kemasukan air berikutnya merupakan jangan langsung menyalakannya. Mayoritas orang yang panik hendak langsung menyalakan ponsel buat mengecek apakah ponsel tersebut masih senantiasa dapat berperan wajar serta tidak terserang kehancuran parah sebab air.

Sementara itu, dikala terserang ataupun terendam air, mungkin besar air telah terdapat yang masuk ke dalam sebagian bagian ponsel. Sehingga besar kemungkinannya bila langsung kalian nyalakan, hendak rentan terjalin korsleting yang mengganggu ponsel lebih jauh. Bila ponsel terletak dalam kondisi hidup, pula lekas matikan langsung buat menjauhi resiko tersebut.

Artikel Lainnya : Download video tik tok tanpa watermark

3. Lepaskan Baterai, SIM Card, serta Memory Card

Langkah selanjutnya, lekas lepaskan komponen yang bisa dilepas. Bila ponselmu masih bukan terkategori tipe baterai tanam, kalian dapat lekas membebaskan baterai, kartu SIM, serta memory card yang terpasang di ponsel. Perihal ini bertujuan buat menghindari kehancuran lebih lanjut di area- area tersebut. Jangan kurang ingat buat membebaskan case ataupun cover serta casing ponsel yang terpasang buat menolong membagikan“ jalur keluar” untuk air serta mempermudah proses pengeringan.

4. Keringkan Segala Bagian HP

Kalian dapat memakai lap kering yang gampang meresap air ataupun memakai penghisap hawa semacam vacuum cleaner. Tetapi jangan memusatkan corong sangat dekat sebab dapat menciptakan listrik statis yang pastinya lebih beresiko dari air. Tidak hanya itu, menjemur di dasar cahaya matahari langsung pula tidak dianjurkan sebab sangat panas serta pula dapat mengganggu LCD ataupun layar apabila dijemur dengan bagian depan menghadap atas.

5. Kubur HP ke Dalam Beras Sebagian Hari

Salah satu metode mengeringkan HP yang kemasukan ataupun terserang air merupakan dengan merendamnya di beras kering. Metode unik ini terbilang lumayan jitu, karena beras mempunyai watak meresap kelembapan yang menolong penyerapan air dari dalam ponsel dengan lebih kilat serta gampang. Berikut langkah yang pas buat merendam ponsel yang terserang air di dalam beras:

  • Ambil kantong plastik ataupun ziplock, isi dengan satu mangkok lagi beras kering serta bersih
  • Letakkan bagian- bagian ponsel semacam baterai, kartu SIM serta memori, dan bagian bodi ponsel ke dalam kantong tersebut
  • Ikat ataupun tutup dengan kencang
  • Diamkan sepanjang paling tidak 2- 3 hari, baru setelah itu cek apakah ponsel dapat dinyalakan.
Baca Juga :   2 Cara Melihat Cadangan WA di Google Drive Terbaru

6. Pakai Silika Gel buat Meresap Kelembapan

Tidak hanya beras, kalian pula dapat memakai silika gel sebab bersama mempunyai watak meresap kelembapan. Pada fitur elektronik, silika gel pula dipercaya sanggup menghindari kondensasi ataupun pengembunan. Nyaris sama dengan metode mengeringkan memakai beras, kubur bagian- bagian ponsel yang telah lepas di dalam tumpukan silika gel. Diamkan sepanjang sebagian hari buat membenarkan seluruh air telah terserap serta betul- betul kering.

7. Manfaatkan Pasir Kucing Bersih

Jika kalian memelihara kucing di rumah, kalian pula dapat memakai pasir kucing yang masih bersih buat melenyapkan air yang masuk ke dalam ponsel. Ambil dekat satu mangkuk besar pasir kucing( yakinkan masih bersih), kemudian masukkan ke dalam wadah baskom ataupun kantong plastik, kubur seluruh bagian ponsel yang telah terlepas serta diamkan sepanjang sebagian hari.

Sumber Artikel : https://gmkgroup.co.id/

No More Posts Available.

No more pages to load.